Corona Mengancam, Wisata Telaga Sarangan Tetap Buka, Ini Alasannya

 News, Pemerintahan, Umum

Sarangan tetap menerima kunjungan wisatawan di tengah wabah Corona (Covid-19). Namun, pengelola memperketat akses masuk Telaga Sarangan.

Berbeda dengan kebanyakan tempat wisata lainnya di Kabupaten Magetan yang sudah ditutup, hingga hari ini wisata Telaga Sarangan masih dibuka. Hal ini dilakukan karena lokasi wisata Telaga Sarangan menjadi satu dengan pemukiman Desa Sarangan. “Itu persoalannya karena obyek dan pemukiman itu menjadi satu.” ungkap VT. Nicolas S. Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Magetan. Menurutnya untuk menangani persoalan ini, langkah yang harus dilakukan adalah kewaspadaan seperti melalui pemeriksaan di pintu masuk baik untuk warga maupun tamu. “Di pintu masuk juga sudah disediakan hand sanitizer dan thermal scanner.” tambahnya.

Pihaknya juga sudah menyediakan posko kesehatan di dekat pintu masuk dengan petugas kesehatan yang sudah dijadwalkan semestara sejak hari ini (18/3/2020) hingga 29 Maret mendatang. “Di posko kesehatan sudah siaga 1 bidan, 1 perawat, 1 sopir ambulance, obat obatan dan thermal scanner,” ujar Andika salah seorang petugas kesehatan di tempat.

Bersamaan dengan semua langkah kewaspadaan yang telah dilakukan, sore tadi tempat wisata Telaga sarangan mendapat bantuan penyemprotan antiseptic yang merupakan bantuan dari Dompet Duafa.  Petugas melakukan penyemprotan di sekitar pintu masuk, pos kesehatan, masjid, fasilitas umum, dan tempat keramaian. Namun walaupun semua langkah kewaspadaan ini telah dilakukan, Sudarmanto, petugas retribusi Telaga Sarangan menambahkan jika jumlah pengunjung memang menurun hampir 50% dari hari biasanya. Menurutnya hal ini berkaitan dengan imbauan yang telah diberikan kepada masyarakat.

https://jatimtimes.com/baca/211092/20200318/204900/corona-mengancam-wisata-telaga-sarangan-tetap-buka-ini-alasannya

Author: 

No Responses

Leave a Reply