Ini Dasar Hukum Jika RI Berlakukan Lockdown untuk Cegah Corona

 News, Terhangat, Umum

Jakarta – Status lockdown diberlakukan oleh beberapa negara mengantisipasi penyebaran Corona. Seperti Filipina terhadap kota Manila dan beberapa negara di Eropa. Bagaimana di Indonesia?

Di Indonesia, terdapat UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekakarantinaan Kesehatan.

“Kekarantinaan Kesehatan adalah upaya mencegah dan menangkal keluar atau masuknya penyakit dan/atau faktor risiko kesehatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat,” demikian bunyi Pasal 1 ayat 1 UU Nomor 6 Tahun 2018.

Pemerintah pusat bertanggungjawab menyelenggarakan kekarantiaan di pintu masuk terpadu. Setiap orang wajib memenuhi penyelanggaraan Kekarantinaan Kesehatan.

“Setiap Orang berkewajiban ikut serta dalam penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan,” demikian bunyi pasal 9 ayat 2.

Pasal 10 menyebut Pemerintah Pusat menetapkan dan mencabut Kedaruratan Kesehatan Masyarakat. Penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan pada Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat secara cepat dan tepat berdasarkan besarnya ancaman, efektivitas, dukungan sumber daya, dan teknik operasional
dengan mempertimbangkan kedaulatan negara, keamanan, ekonomi, sosial, dan budaya.

“Penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat berkoordinasi dan bekerja sama dengan dunia internasional,” demikian bunyi Pasal 10 ayat 2.

https://news.detik.com/berita/d-4940531/ini-dasar-hukum-jika-ri-berlakukan-lockdown-untuk-cegah-corona

Author: 

No Responses

Leave a Reply